Minggu, 14 April 2013

Web Science

    Ilmu web adalah ilmu sosio-teknis yang meneliti bagaimana World Wide Web berkembang mengingat peraturan, teknologi dan konten yang dikenakan, direkayasa dan kontribusi masing-masing, sebagai akibat dari perilaku manusia dan bagaimana sebaliknya Web mempengaruhi perilaku manusia. Definisi sebelumnya diberikan oleh ilmuwan komputer Amerika Ben Shneiderman: "Web Science" adalah istilah yang mengacu pada pengolahan informasi yang tersedia di web dalam hal yang sama dengan yang diterapkan untuk lingkungan alam.
   Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada :
  • artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, 
  • mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science
  • mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
    Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
    Untuk saat ini web Science sendiri sudah banyak di kembangan oleh kalangan masyarakat dunia dimana memanfaatkan Workd Wide Web untuk berinteraksi dengan satu sama lain dunia maya (internet). Golnya yang bermaksud untuk mendorong partisipan dalam pengembangan web science sudah terasa pada saat ini. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar