Senin, 01 Juni 2015

Cloud Computing

Cloud Computing (Komputasi awan) ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet

Grid Computing (Komputasi Grid) adalah salah satu tipe komputasi paralel, pengguna sumber daya yang melibatkan banyak computer yang terpisah secara geografis atau tempat namun tersambung via internet untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar.
           
Distributed Computing adalah suatu bentuk dari parallel computing yang berkaitan dengan sistem hardware dan software yang memiliki lebih dari satu elemen pemrosesan atau storage element, concurent process, atau multiple program berjalan di bawah pengendalian yang ketat. Pada distributed computing suatu program dipecah ke beberapa bagian yang dijalankan secara bersamaan pada banyak komputer yang berkomunikasi melalui jaringan. 
Distributed computing dapat berjalan secara simultan tetapi program yang di distribusikan sering harus sesuai dengan lingkungan yang heterogen, link jaringan dari berbagai latency dan kegagalan-kegagalan di jaringan atau komputer yang tidak diprediksi.

Map Redudce dan NoSQL (Not Only SQL) adalah pemograman framework berguna untuk membantu user mengembangkan sebuah data yang ukurannya besar secara terdistribusi dan parallel. Dimana implementasi dalam cloud computing adalah membantu user dalam mendistribusikan data secara terdistribusi dan parallel dengan menggunakan internet sebagai perantara.

Studi kasus mengunakan cloud computing, dizaman modern ini banyak sekali perusahaan perusahaan besar yang berada di jalur IT (menggunakan computer) menggunakan cloud computing (NAS) karna mempermudah dalam bekerja, mudah dalam mendapatkan data tanpa harus tatap muka terhadap pengirim, tidak harus menggunakan device seperti HDD eksternal atau FD dalam mengirim atau menerima data cukup menggunakan internet.  

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar