Sabtu, 28 April 2012

Wawancara dengan Masyarakat Tanah Abang


Daftar Pertanyaan Individu.
Nama                                       : Bapak Sudarso
Daerah Asal                            : Solo
Jenis Usaha/Kegiatan            : Kios Baju
Alamat
a.       Kelurahan                        : Kebon Kacang (Kodepos : 10240)
b.    Desa                                 : Desa Kebon Kacanng
c.       RT/RW                             : 10/003
d.       Nomer Rumah                 : 46

  • Awal Kedatangan ke kawasan Tanah Abang ?
Berawal dari ajakan teman yang mengajak saya untuk merantau ke sebuah kota besar yaitu Jakarta, Sebelum ke tanah abang sendiri saya sering berpindah pindah dari kontrakan ke kontrakan yang wilahnya sekitar Jakarta namun belum di daerah sekitar tanah abang sendiri lebih tepat nya masih di daerah pulo gadung Buaran, setelah waktu berlalu teman mengajak saya ke daerah tanah abang lebih tepatnya di desa kebon kacang disana saya mengontrak sebuah kontrakan, dan taman saya mengajak untuk berjualan di pasar tanah abang, usaha pertama kali yang saya lakukan adalah usaha minuman ringan di daerah tanah abang namun sejalan nya waktu saya memberanikan diri untuk membuka sebuah toko busana yang berada dii blok a pasar tanah abang sampai sekarang usaha itu masih di jalankan.
  • Alasan Usaha ?
Alasan utama sudah pasti untuk biaya hidup saya dan keluarga, agar memiliki sebuah pekerjaan yang tetap dan juga agar tidak mengaggur.
  • Peran dalam kegiatan usaha ?
Peran saya dalam usaha ini adalah menjadi pendiri kios atau bisa di bilang atasan di kios (Bos)..
  • Hubungan dengan masyarakat satu daerah ?
Pengalaman yang saya rasakan sejak dulu sampai sekarang tentang hubungan antar masyarakat baik, mungkin yang akan terasa tidak baik jika kita melakukan hal yang melangggar (sombong) namun sebalik nya jika kita baik akan baik juga yang akan di dapatkan.

·         Bagaimana hubungan dengan para pekerja ?
Semanjak saya berdagang disini tidak pernah saya merasakan hal yang tidak wajar, jadi bisa saya simpulkan untuk hubungan antar para pedagang yang lain atau pekerja itu baik baik saja.
  • Apa anda mempunyai usaha lain selain usaha yang sekarang anda jalani ?
Usaha lain mungkin sembari saya berdagang di sini, saya juga membuka warung kecil kecilan di rumah bersama keluarga.

  • Data Tambahan
        
Berawal dari ajakan  teman sekarang saya sudah seperti warga asli dari tanah abang padahal sesungguh nya saya adalah berasal dari solo, pengalaman yang saya dapet di sini sangat banyak dari hal yang baik sampai hal yang buruk conoth hal baik adalah menemukan pelanggan yang memborong barang dagangan saya dan hal yang tidak baik nya adalah pernah ada nya isu kebakaran yang membuat semua pedagang panik namun di akhir ternyata hal itu bohong, dan pernah ada pembeli yang kurang menghargai pedagang (sombong) jadi kesimpulan nya sudah banyak merasakan asam garam nya di sini.
     Cerita sedikit tentang tanah abang jaman dulu sampe sekarang, dulu tanah abang hanya seperti pasar biasa yang tidak bisar hanya memperdagangkan barang barang kebutuhan pokok saja namun di masa sekarang ini tanah abang sudah berubah menjadi sebuah Pasar besara yang berada di Indonesia  yang bisa kita settarakan dengan pasar glodok dll,
     Banyak sekali barang barang yang di jual di sini dari baju anak anak, Remaja dan juga orang tua pasti nya, dari toko toko jam, spatu, alat alat kanntor sampe dengan ada yang menjual Motor atau Mobil. Jadi inti nya jika ingin mebeli sesuatu kebutuhan pokok atau pun kebutuhan kantor dateng aja lagi kesini karna di sini barang barang nya lengkap dan juga bisa di lihat juga kualitas nya. 
Gambar Kios Bapak Sudarso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar